Friday, April 24, 2015

Formulir 1 rancangan aktualisasi


INDIKATOR NILAI: Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi

KEBUTUHAN STAKEHOLDER: Administrasi Perbendaharaan yang teratur

TUGAS ORGANISASI: Meningkatkan kualitas akuntabilitas pengelolaan anggaran

TUGAS UNIT: Melakukan penghimpunan dokumen realisasi anggaran (Surat Perintah Membayar/SPM dan Surat Perintah Pencairan Dana SP2D) dan pengembalian belanja (Surat Setoran Pengembalian Belanja/SSPB).



TUGAS PEGAWAI: Melakukan penghimpunan dokumen realisasi anggaran(Surat Perintah Membayar/SPM dan Surat Perintah Pencairan Dana SP2D)

DAFTAR KEGIATAN: Menyusun berkas SPJ perjalanan Program Penyediaan dan Pelayanan Informasi Statistik (PPIS)



Formulir 2 Keterkaitan nilai dasar dengan kegiatan

Kegiatan: Menyusun berkas SPJ perjalanan PPIS

Nilai Dasar: Akuntabilitas – Menggunakan Sumber daya yang efektif

Nasionalisme – Bertanggungjawab

Etika Publik – Profesionalisme

Komitmen Mutu – Efisien

Anti Korupsi – Peduli, Berani



Uraian Pelaksanaan Kegiatan (Esensi Makna Aktualisasi Nilai Dasar terhadap Proses dan Output Kegiatan)
Akuntabilitas :  Pada saat menyusun berkas SPJ perjalanan saya akan menggunakan sumber daya secara efektif dengan berusaha untuk semaksimal mungkin menggunakan semua alat yang tersedia pada bagian perbendaharaan untuk melaksanakan tugas saya

Nasionalisme : Pada penyusunan berkas SPJ perjalanan saya bertanggungjawab untuk mengecek kelengkapan berkas untuk pertanggungjawaban bendahara. Sehingga saat ada salah satu berkas yang kurang saya akan langsung mencarinya.

Etika Publik : Ketika teman mengajak ngopi di kantin saat dokumen yang perlu disusun sedang menumpuk maka saya akan mengusahakan untuk mementingkan penyusunan dokumen daripada berkumpul dengan teman-teman.



Komitmen Mutu : Pada saat penyusunan berkas SPJ perjalanan saya berusaha untuk melakukannya sefisien mungkin sehingga tidak bolak – balik memfotokopi berkas yang belum tersedia kopiannya.

Anti Korupsi : Pada saat penyusunan berkas apabila ada SPJ perjalanan baik itu tiket maupun konsumsi ataupun hotel yang tidak sesuai dengan standar golongan ASN tersebut maka akanberani untuk menyesuaikannya sehingga mencapai hasil yang sesuai dan tidak melebihi standar ASN pada golongan tersebut dan peduli untuk menegur pegawai yang melakukan hal tersebut


1 comment:

  1. Mendahulukan pelayanan ketimbang kegiatan pribadi, walaupun lebih menyenangkan, adalah ciri PNS yang sejati

    ReplyDelete